Serbaneka ASPD SMP / MTs.

Oleh : Drs. Ngatijan

Mempertahankan jauh lebih sulit dari pada membangun. Kalimat ini sejajar dengan Merawat lebih mahal dari pada membeli. Ini bersifat umum, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Yogyakarta, beberapa tahun terakhir ini boleh dikatakan sebagai kampiunnya. Namun di era disrupsi kompetitor dapat saja memacu dari arah yang tidak diduga. Mereka selalu ingin mengincar singgasana. Bila tidak hati-hati, maka Yogyakarta dapat dijinakkan, dan rela turun tahta.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta memacu diri untuk berbenah dalam rangka melaksanakan Assesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), pada tahun 2022. Dengan segala tangan dan kuasa yang ada, Dikpora DIY, mengumpulkan para pakar dan praktisi pendidikan untuk melakukan usaha-usaha peningkatan prestasi pendidikan.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP / Mts DIY melakukan perenggangan otak dan otot untuk menyambut ASPD. Mereka melaksanakan langkah-langkah persiapan untuk mensukseskan pelaksanaan ASPD berupa memfasilitasi pelatihan ASPD dengan sasaran siswa kelas IX. Gerak cepat ini disamput oleh Dikpora Kota Yogyakarta bekerja sama dengan MGMP Matematika Kota Yogyakarta.

Beberapa hal yang perlu diketahui adalah :

Pertama, materi merupakan irisan antara kurikulum 2013 dan kurikulum Pandemi.
Kedua, Jumlah soal dan waktu pengerjaan

Ketiga, Jenis soal matematika

Keempat, Perkiraan tingkat kesukaran

Kelima, Cakupan materi matematika

Adapun kompetensi atau materinya mirip seperti tahun lalu.

Tinggalkan Balasan