Mengenal G Suite for Education

sumber gambar : https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/13/054500065/sekolah-masih-di-rumah-saja-perhatikan-hal-hal-ini-para-orangtua?page=all

oleh : AMK Affandi

Era teknologi 4.0 memungkin setiap orang dapat beraktifitas dan terhubung satu dengan lainnya. Orang tak perlu lagi bertatap muka secara langsung. Andai ingin menghubungi sahabat cukup dengan perangkat gawai, detik itu juga bisa langsung terhubung.

Memanfaatkan situasi demikian, perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi bergerak berlomba-lomba. Dahulu e-mail perkasa. Bergerak sendirian tanpa pesain. Lambat laun, e-mail mulai ditinggal pengguna, meskipun saat ini masih ada orang yang memanfaatkan. Setiap saat teknologi bisa berubah.

Google, Microsoft, Yahoo dan lain-lain menciptakan aplikasi yang membantu kegiatan manusia agar pekerjaan lebih efektif dan efisien. Tak terkecuali dalam Pendidikan tak luput dari Garapan mereka. Lembaga Pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi sudah dapat memanfaatkan G Suit atau Google Suit for Education. Sebuah perangkat aplikasi untuk mempermudah Pendidikan.

G Suit for Education terdiri dari:

G Suit adalah paket layanan berbasis komputasi awan (cloud) yang dapat membantu  mengerjakan apapun dan dimanapun. G suite juga memberikan solusi untuk melakukan pekerjaan bersama-sama secara online menggunakan e-mail dengan domain sendiri. Kegiatan chatting dan melakukan konferensi video melalui aplikasi Hangouts. Kolaborasi dokumen dalam waktu bersamaan menggunakan Google Docs. Google Slide untuk presentasi. Google Sheet untuk data tabel, akuntansi, maupun rekapitulasi dan masih banyak lagi. Layanan ini sepenuhnya berbasis online sehingga tidak perlu memikirkan kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat.

Apa saja kelebihan G Suite?

Keunggulan atau Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan dari G Suite antara lain:

Dimanapun dan Kapanpun

G suite menawarkan konsep cloud computing, dimana semua file berada dalam server google, sehingga pengguna tidak terbatasi oleh waktu dan tempat. File yang dikerjakan pada jam kerja bisa segera di edit di luar kantor melalui laptop ataupun alat gawai lainnya.

Hemat Kertas

Work from Home adalah salah satu cara dalam bekerja tanpa menggunakan kertas. Paper Less Program yang didorong oleh sekelompok orang pecinta lingkungan hidup baru terasa akhir-akhir ini. G Suite, memungkinkan setiap orang yang memiliki wewenang untuk langsung mengedit pada file yang bersangkutan dan melakukan chatting melalui google talk atau chat dan memberikan komentar untuk berdiskusi mengenai pekerjaan pada file tersebut. Cara ini dapat dilakukan setelah melalui proses diskusi.

Email dengan nama domain sekolah sendiri

Memiliki email dengan domain sekolah merupakan salah satu hal yang sangat penting dan patut berbangga. Identitas sekolah menjadi sering disebut, sebagai salah satu bahan image sekolah yang bersangkutan. G Suite juga dapat membuat alamat email dengan domain sekolah menjadi sangat mudah. Keren dengan tampilan identitas sekolah.

Kolaborasi

G Suite sengaja di desain untuk mempermudah koordinasi antar bagian dan antar personal. Semua aplikasi dalam G Suite dapat berkolaborasi antar akun yang satu dengan yang lain, mulai dari kolaborasi olah data dengan google docs, sharing jadwal dengan calender, chatting dengan G talk, sharing file dan perkembangan project dengan google site dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas