Sehari bersama Matematika Nusantara

oleh : Margiyati, M. Pd.

Hikmah yang bisa dipetik saat pandemi covid-19 adalah menjamurnya pendidikan dan latihan secara online (daring).  Ini menunjukkan bahwa guru mampu mengembangkan dirinya secara mandiri, sebagaimana tuntutan era 4.0. Penyelenggara dari kegiatan ini adalah Lembaga-lembaga Pendidikan maupun non Pendidikan dari skala nasional maupun regional. Bahkan, bisa saja personal memanfaatkan aplikasi untuk melakukan video conference (vicon). Tujuan dari kegiatan seperti ini  dibutuhkan oleh seorang guru, yaitu untuk meningkatkan kompetensi diri dalam bidang teknologi informasi.

Sabtu, 16 Mei 2020 Matematika Nusantara (MN) Lampung menyelenggarakan daring selama 5 jam yang dimulai dari jam 09.00 – 14.30 dengan tiga materi yang sangat menarik yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online otomatis, Jurnal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Online dan Ujian Online via Whatsapp. Nara sumber yang berasalah dari para pengurus Matematika Nusantara (MN) Lampung disampaikan secara gamblang dan jelas.

Sebelum pelatihan dimulai tak lupa sambutan dari presiden Matematika Nusantara bapak Fatur dari NTB Utara menyampaikan bahwa diklat online atau daring yang diselenggarakan oleh Matematika Nusantara adalah peserta yang memenuhi KKM yaitu 70. Bagi yang tidak memenuhi KKM tidak akan lulus.  Pengalaman pribadi, saat mengikuti sebuah diklat yang diselenggarakan MN seperti Penelitian Tindakan Kelas (PTK), saat itu juga tidak lulus karena belum sampai pada pelaksanaan PTK.

Seorang guru di saat ini memang harus bisa merubah dirinya dari yang guru biasa menjadi guru yang luar biasa, yaitu guru yang dapat menyelaraskan dengan kondisi di era digital ini. Apalagi di masa pandemi covid-19 ini guru yang mengajar dari rumah, maka seorang harus mampu  menjelaskan , menyampaikan pembelajrannya secara daring. Palikasi yang digunakan : wbex, zoom, google meet dan sebaginya.

Memberi tugas kepada siswa dapat memanfaatkan google form yang dipadukan dengan whatsapp. Kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai assessor, dapat croos cek tugas seorang guru melalui pembelajaran daring. Mulai dari perencanaan, proses hingga asessment  dengan menggunakan laporan PBM secara online. Waktu dapat dipartisi setiap hari, mingguan, bulanan atau tahunan dengan melihat kehadiran guru dalam mengajar.

Bulan Juni 2020 segera tiba, waktunya sekolah menyelenggarakan kegiatan PPDB, bila sebelum ada pandemi ini sekolah melaksanakan PPDB secara online dengan berpusat di Dinas Pendidikan bagi sekolah Negeri maupun swasta dengan memanfaatkan PPDB online, maka untuk kali ini sekolah dapat menyelenggarakan PPDB online otomatis dapat menggunakan Whats app. Ingin tahu bagaimana caranya? Bergabunglah dengan Matematika Nusantara. Di sana gudangnya para pakar pembuat aplikasi yang diperlukan oleh seorang guru atau sekolah.

Tak kalah penting, guru dapat mebuat ujian online berbasis whats app. Hal ini sederhana bagi siswa, mereka tidak perlu memiliki kuota internet lebih. Dengan kuota internet untuk whats app anak bisa mengerjakan soal online yang diberikan oleh guru.

Semoga masa pandemi ini segera berakhir.

Tinggalkan Balasan