Excel itu Mengasyikkan

sumber gambar : https://winworldpc.com/product/lotus-1-2-3/4x

Dulu, sebelum Microsoft Excel Berjaya, kita mengenal lotus. Lotus selalu bergandengan tangan dengan MS DOS. Sebelum disket lotus bermain, terlebih dahulu DOS harus dimasukkan. Kemana-mana bawa disket. Baik yang lebar ataupun kecil dan tebal. Mereka yang mengenal computer sejak tahun Sembilan puluhan (mungkin) tak akan mengenal rasa asyiknya menenteng disket. Apalagi kalua disketnya sudah kena virus. Maklum, komputernya masih sewa.

Microsoft excel itu mengasyikkan. Program ini bisa membantu segala macam perhitungan baik yang mudah maupun rumit. Dalam Matematika banyak sekali rumus-rumus yang bisa dibantu dengan excel. Apalagi kalkulator sangat terbatas (kecuali kalkulator yang canggih) yang kita pun belum mampu menggunakan.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet canggih yang dijalankan dibawah sistem operasi Windows. Program ini menjadi andalan untuk menghitung, menganalisis, dan mempresentasikan data. Microsoft Excel menjadi pilihan tepat bagi para profesional yang menjaga performa dan kualitas untuk mengolah spreadsheet dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. Hal ini dikarenakan banyak sekali kemudahan dan kelebihan yang disediakan sehingga mereka dapat mengolah data secara cepat dan hasil yang optimal.

Aplikasi ini sangat mudah dioprerasikan oleh semua orang terutama bagi pemula ataupun yang belum berpengalaman. Dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan dan didukung dengan tampilan yang menarik akan membuat orang cepat memahami dan mahir menggunakannya. Dengan demikian kita akan cepat mampu menghitung ataupun menganalisis data secara profesional.

Mengingat dari fungsinya yaitu untuk menghitung, menganalisis, dan mempresentasikan data, maka Microsoft Excel ini sangat erat hubungannya dengan matematika. Bahkan dapat dikatakan, Microsoft Excel adalah penunjang dan pendukung untuk matematika, misalnya bagi seorang guru dalam menentukan murid-murid dalam satu kelas lulus atau tidak, dan banyak lagi hal lainnya.

Dalam Microsoft Excel terdapat berbagai fungsi yang menunjang dan memudahkan untuk menyelesaikan permasalahan matematika.

Fungsi excel yang biasa kita kenal, dan sering dipakai adalah sum dan average. Padahal dalam excel masih banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kinerja sebagai seorang guru. Fungsi-fungsi logika bisa dengan mudah dioperasikan dengan bantuan Excel.

Microsoft Excel banyak juga digunakan untuk membuat laporan aplikasi perkantoran, seperti laporan laba rugi, laporan akuntansi, pembuatan database, laporan bisnis, laporan statistik data dan lain sebagainya. Manfaat dari Microsoft Excel antara lain : Menghitung dan mengolah data angka, Menyisipkan gambar, Membuat grafik, Membuat fungsi atau formula yang beragam, seperti fungsi matematika, trigonometri, financial, logika, statistik, dan sebagainya.

Fungsi yang berbentuk visual dan sudah siap pakai, kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fungsi visual yang disediakan Microsoft Excel adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi Penjumlahan (AutoSum)
  2. Fungsi yang umum digunakan (Recently Used)
  3. Fungsi Keuangan (Financial)
  4. Fungsi Logical (Logika)
  5. Fungsi Teks (Text)
  6. Fungsi Tanggal dan Waktu (Date and Time)
  7. Fungsi Pembacaan Tabel dan Referensi (Lookup and Reference)
  8. Fungsi Matematika dan Trigonometri (Mathematic and Trigonometry)
  9. Fungsi Statistic (Statistical)
  10. Fungsi Perancangan (Engineering)
  11. Fungsi Cube
  12. Fungsi Informasi (Information)

sumber bacaan : https://www.academia.edu/8565088/PENYELESAIAN_PERSOALAN_MATEMATIKA_DENGAN_MICROSOFT_EXCEL

 

Tinggalkan Balasan