Sekolah Berkualitas

 Pendidikan adalah salah satu agen perubahan dalam dinamika masyarakat. Karenanya, pendidikan harus menempatkan diri sebagai lembaga yang berkualitas, agar masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Pendidikan juga harus menjadi motivator dalam membimbing warga ke arah insan yang purna.  

Pendidikan yang bermutu atau berkualitas adalah pendidikan yang mampu melakukan proses pematangan kualitas peserta didik, yang dikembangkan dengan cara membebaskan peserta didik dari ketidaktahuan, ketidak mampuan, ketidakberdayaan, ketidak jujuran dan dari buruk akhlak dan keimanan.  

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, sekolah memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter dan kualitas sumber daya manusia. Tak ada pilihan, bahwa sekolah semestinya menempatkan diri sebagai lembaga yang berkualitas. Karena out putnya akan memberikan kontribusi kepada lingkungan. 

Ada beberapa alasan, mengapa sekolah yang berkualitas menjadi penting. Pertama, Sekolah yang berkualitas memberikan pendidikan yang terpadu dan lengkap, meliputi aspek akademik, sosial, dan spiritual. Ciri-ciri ini tercermin dari siswa yang mampu mengembangkan diri tak hanya dari terkunyahnya materi-materi pelajaran, namun dapat pula memantulkan akhlak. Siswa mampu menjabarkan nilai-nilai moral untuk diterapkan terhadap teman di sekolah ataupun lingkungan tempat tinggal.  

Kedua, Keluarga besar di sekolah, terutama para pamong memiliki kualitas mengajar yang menyenangkan dan inspiratif. Memiliki komitmen yang kuat dalam mengelola pendidikan, dan mampu memotivasi anak didik menuju kehidupan yang lebih baik.  

Sarana dan prasarana adalah modal ketiga dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas. Sarana yang memadai mempermudah insan di sekolah untuk mengakses informasi yang dibutuhkan secepat mungkin. Sarana juga menunjang guru, siswa, pengunjung serasa homy.  

Keempat, layanan. Buat apa sarana yang bagus, buat apa guru yang memiliki prestasi, namun tidak melayani kebutuhan siswa yang prima. Melayani kebutuhan insan pendidikan di sekolah dengan hati yang tulus, sapa yan ramah, akan menciptakan iklim yang sehat dan menyenangkan di sekolah itu. Hal ini memungkinkan seseorang untuk meraih prestasi yang optimal.  

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *